Rabu, 30 Januari 2019

Beberapa Manfaat Puasa dari Kesehatan, Didukung oleh Sains

Beberapa Manfaat Puasa dari Kesehatan, Didukung oleh Sains! Terlepas dari lonjakan popularitasnya baru-baru ini, puasa adalah praktik yang berabad-abad yang lalu dan memainkan peran sentral dalam banyak budaya dan agama. Didefinisikan sebagai pantangan dari semua atau beberapa makanan atau minuman untuk jangka waktu tertentu, ada banyak cara puasa yang berbeda.

Manfaat Puasa


Secara umum, sebagian besar jenis puasa dilakukan selama 24-72 jam. Di lain pihak, puasa yang terputus-putus melibatkan siklus antara periode makan dan puasa, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari sekaligus. Berpuasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, dari peningkatan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik. Berikut ini ada beberapa manfaat puasa dari kesehatan yang didukung oleh ilmu pengetahuan. Untuk mengetahui informasi terbaru dan terlengkapnya Anda bisa simak di internet.

Meningkatkan Kontrol Gula Darah dengan Mengurangi Resistensi Insulin

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang bisa sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes. Faktanya, satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Sementara itu, ulasan lain menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin. Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin, sehingga memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah Anda ke sel-sel Anda dengan lebih efisien.

Ditambah dengan efek penurun gula darah potensial puasa, ini bisa membantu menjaga gula darah Anda stabil, mencegah lonjakan dan menabrak kadar gula darah Anda. Namun perlu diingat bahwa beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat memengaruhi kadar gula darah secara berbeda untuk pria dan wanita.

Puasa intermiten dan puasa alternatif dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin tetapi dapat mempengaruhi pria dan wanita secara berbeda.

Meningkatkan Kesehatan yang Lebih Baik dengan Memerangi Peradangan

Manfaat puasa adalah meningkatkan ksesehatan Anda menjadi lebih baik. Sementara peradangan akut adalah proses kekebalan normal yang digunakan untuk membantu melawan infeksi, peradangan kronis dapat memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa peradangan mungkin terlibat dalam perkembangan kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan rheumatoid arthritis. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung , Trigliserida dan Tingkat Kolesterol

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung sekitar 31,5% kematian secara global.
 Mengubah pola makan dan gaya hidup Anda adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas Anda mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung.

Membantu Penurunan Berat Badan dengan Membatasi Asupan Kalori dan Meningkatkan Metabolisme

Banyak pelaku diet yang berpuasa mencari cara cepat dan mudah untuk menurunkan beberapa kilogram. Secara teoritis, berpantang dari semua makanan dan minuman tertentu harus mengurangi asupan kalori keseluruhan Anda, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan dari waktu ke waktu.

Baca juga :  http://mida133.student.unidar.ac.id/2019/01/manfaat-dari-aktivitas-fisik-teratur.html

Demikian ulasan dari artikel kami mengenai manfaat puasa yang akan Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar