Senin, 21 Desember 2020

Menghubungkan Smartphone dan TV Menggunakan Miracast

 


Dalam beberapa keperluan, sering kebutuhan akan layar yang lebih besat untuk mengakses konten pada smartphone. Misalnya untuk memutar video, menonton film atau bahkan berman game. Tahukah Anda bahwa layar smarthone dapat terhubung pada layar yang lebih besar seperti TV dengan Miracast atau bahkan Anda belum pernah mendengan Miracast.

Cara menghubungkan dua perangkat ini yang cukup familiar dan sering dilakukan adalah dengan menggunakan kabel HDMI khusus, menggunakan koneksi nirkabel dengan wifi dan yang tidak banya diketahui adalah penggunaan perangkat miracast. Miracast adalah standar koneksi nirkabel yang diperkenalkan Wi-Fi Alliance. Dengan ini memungkinkan menghubungkan perangkat seperti smartphone, laptop, tablet ke layar yang lebih besar seperti TV, monitor, atau proyektor.

Tidak banyak yang tahu bahwa perangkat ini telah ditanam pada banya perangkat seluler termasuk Android. Dengan berbagai nama yang sesuai vendor namun dengan fungsi miracast di dalamnya. Seperti Samsung dengan fitur Smart Link hingga Google yang secara khusus meluncurkan Google Cast dengan fungsi miracast bagi Android 6.0 Marsmallow ke atas.

Cara Mengaktifkan Miracast

Jika sudah mengetahui kegunaan Miracast, lantas bagaimana cara penggunaannya. Sebenarnya caranya cukup mudah namun sebelumnya pastikan dulu perangkat Android dan khususnya TV Anda didukung fitur Miracast atau bisa juga dengan Google Cast. Jika TV Anda belum memiliki fasilitas Miracast atau masih menggunakan kabel HDMI, Anda bisa menabah dongle Miracast atau Chromecast yang memiliki fungsi yang sama.

Perlu dipastikan pula bahwa ponsel Android Anda memiliki dukungan fitur cast yang bisa disebut Smart View, Screen Mirroring, Wireless Display, Miracast, Screen share atau lainnya. Jika tidak, Anda perlu menginstal aplikasi pengganti yakni berupa Google Home untuk Google Cast atau aplikasi lain yang kompatibel dengan Miracast.

Selanjutnya ikuti langkah untuk menghubungkan keduanya, karena Pada prinsipnya, cara menggunakan Miracast dan Chromecast sangat mirip. Berikut cara menghubungkan HP Android ke TV dengan Miracast atau Chromecast:

·         Pertama Anda perlu memastikan TV terhubung dan ponsel Android telah berada di jaringan atau router Wi-Fi yang sama. Jika tidak harus disamakan terlebih dahulu.

·         Selanjutnya Anda hanya tinggal memasukkan aplikasi atau melalui pengaturan Android, kemudian buka fitur cast. Jika ingin lebih mudah fitur cast dapat dijadikan pengaturan cepat dengan menyeret bilah notifikasi.

·         Deketika fitur cast pada ponsel Android sudah diaktifkan, daftar perangkat yang dapat terhubung ke Android akan muncul dengan sendirinya.

·         Selanjutnya dapat langsung menghubungkannya, dengan memilih satu perangkat dari daftar perangkat yang ingin Anda hubungkan.

Begitulah cara menghubungkan smarphone android dengan layar TV menggunakan Miracast. Namun demikian ada beberapa TV yang memerlukan pengaturan berbeda untuk dapat saling terhubung menggunakan Miracast.

Lantas apa sebenanya keunggulan penggunaan Miracast dibandingkan media penghubung seperti kabel HMDI atau pun penghubung nirkabel lain.

1.      Keunggulan yang paling dapat dirasakan adalah kemudahan dalam penggunaannya. Sebab asalkan sama-sama didukung fasilitas Miracast dua media dapat terhubung dengan mudah dan cara cepat.

2.      Selanjutnya penggunaan Miracast tidak terpengaruh kendala jaringan karena pengoperasian menggunakan  poin-to-poin sehingga transfer sinyal video juga audio tidak terpengaruh jaringan. Bahkan pada lalu lintas jaringan ramai sekalipun serta masalah konektivitas lain tidak jadi masalah.

Demikian tentang Miracast mula dari pengertian, cara penggunaan hingga keunggulannya. Jika sudah tahu saatnya untuk mulai menggunakannya untuk berbagai kebutuhan Anda.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar