Senin, 08 Februari 2021

6 Permasalahan Klasik Redmi Note 7 dan Solusinya



Redmi Note 7 merupakan smartphone yang luar biasa dari Xiaomi. Smartphone yang pertama kali dirilis pada tahun 2019 ini masih banyak diminati oleh masyarakat. Selain harganya yang masih terjangkau, anda tetap akan mendapatkan berbagai fitur yang canggih dan berguna. Smartphone ini juga termasuk smartphone favorit bagi orang yang suka bermain game online. Meskipun begitu, beberapa orang mengalami permasalahan ketika menggunakan smartphone ini. Apa sajakah itu, dan bagaimana solusinya? Berikut penjelasannya.


1. Layar over-sensitive


Salah satu masalah yang banyak dialami para pengguna Redmi Note 7 adalah layarnya yang sangat sensitif. Masalah ini bisa terjadi akibat penggunaan smartphone yang sudah berkepanjangan. Kejadian ini bisa juga terjadi akibat upgrade sistem tertentu. Solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menunggu update sistem selanjutnya. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan layar perlindungan untuk mengurangi batas sensitivitasnya.


2. Keyboard lag


Salah satu hal yang sangat mengganggu dan sering terjadi pada Redmi Note 7 adalah keyboard lag. Ketika akan mengetikkan sesuatu papan keyboard akan slow-responses yang menyebabkan kesan lag atau bahkan crash. Jika Anda mengalami ini, maka solusinya adalah dengan mengikuti beberapa cara berikut:


- Menonaktifkan Full Screen Gestures

- Kalibrasi layar

- Menyesuaikan ukuran papan keyboard


3. Masalah pada Push Notification


Jika Anda adalah pengguna yang sangat membutuhkan Push Notification namun mengalami masalah pada Redmi Note 7, maka solusinya adalah mengizinkan notifikasi. Adapun caranya adalah sebagai berikut:


- Masuk ke setting, pilih Battery Usage.

- Selanjutnya, pilih Apps. Lalu, pilih aplikasi yang mau dibuat push notification. Pilih “No Restrictions”.

- Kembali ke Setting, dan masuk ke App Notification.

- Kemudian, pergi ke Recent Apps. Carilah semua aplikasi yang ingin anda pilih untuk melakukan push notification.

- Lalu kembali ke Settings dan pilih About Phone.

- Tap versi MIUI hingga muncul “You are now a developer”.

- Kembali ke Settings, menuju ke “Developer Options”.

- Terakhir, cari Memory Optimization dan matikan dengan pilih “Turn Off”.


4. Boros Baterai


Masalah ini sering dan banyak dialami oleh pengguna smartphone Xiaomi, termasuk Redmi Note 7. Adapun solusi dari masalah ini adalah update sistem, menggunakan fitur Adaptive Battery, uninstall aplikasi yang boros baterai, mematikan fitur animasi sistem atau melarang proses Background Apps.


5. Sudden Close


Aplikasi anda tiba-tiba keluar ketika sedang beroperasi? Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Biasanya ini bisa terjadi akibat dari adanya fitur MIUI Optimazion yang ada pada Xiaomi. Jika Anda mengalami aplikasi tertutup secara paksa atau tiba-tiba, maka solusinya adalah dengan anda melakukan tindakan berikut.


- Mengaktifkan terlebih dahulu fitur pengembang.

- Setelah fitur ini aktif, maka masuk ke dalamnya dan temukan MIUI Optimization. Pilih “disabled” untuk menghilangkan fitur tersebut.


6. Kamera error


Tidak jarang dari semua smartphone dari brand berbeda mengalami kamera error. Hal ini diakibatkan oleh beberapa sebab. Untuk mengatasi ini, anda bisa membuka Settings – about phone – all specs – kernel version (hingga masuk CIT options) – master back camera option (dari QC test).  Aplikasi kamera akan terbuka dan anda akan melihat sebuah gambar. Lalu keluarlah dari aplikasi kamera dan tap “Fail” yangmaka akan me-reset sensor dan lensa kamera. Ulangi langkah-langkah tersebut. Terakhir, anda bisa keluar dari CIT dan mengetes kamera smartphone anda.


Demikian itu adalah beberapa masalah yang sering terjadi pada pengguna Redmi Note 7. Jika Anda mengalaminya, cobalah mengikuti solusinya di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar